Jumat, 30 Desember 2011

Koneksi ke Jaringan WPA via Konsole/Terminal

Berhubung wpa_gui di Slackware 13.37 saya bermasalah (sepertinya setiap orang juga begitu :p)
maka mau tidak mau saya harus minta bantuan si Terminal agar bisa menggunakan jaringan wpa dikampus :P
Pertama-tama saya aktifkan interface wireless saya

root@fadlysyahab:~# ifconfig wlan0 up

sekarang interface wlan0 saya udah up nih, tinggal cek aja ESSID yang ada disekitar saya dengan cara mengetikkan

root@fadlysyahab:~# iwlist wlan0 scanning

Nah, dapat deh ESSIDnya, yowesss sekarang mau konek ke wpa@kampus ah~ (namanya disamarkan :p)

root@fadlysyahab:~# iwconfig wlan0 essid wpa@kampus

Udah? belum ding :p
sekarang kita edit dulu file di /etc/wpa_supplicant.conf berikut

root@fadlysyahab:~#nano /etc/wpa_supplicant.conf



hampir konek nih kita :p
sekarang kita langsung minta ijin konek ke ESSID nya dengan password yang tadi udah dimasukkan.

root@fadlysyahab:~# wpa_supplicant -B -i wlan0 -c /etc/wpa_supplicant.conf
nb:
-B = menjalankan daemon wpa_supplicant dalam mode background
-i = interface yang kita gunakan, disini menggunakan wlan0
-c = file konfigurasi yang tadi kita edit :)

Sekarang kita udah konek nih, tp belum dapet IP nya :s
ohh iya, berhubung kita pake DHCP sekarang kita tinggal minta IP nya :p

root@fadlysyahab:~# dhclient wlan0

Nah, sekarang kita udah bisa internetan dengan riang gembira :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar